Sabtu, 05 Februari 2011

Pelayanan Pada Restaurant

Ada dua hal yang harus di perhatikan waiters/waitrees
Procedural Dimension

Segala sesuatu yang berkaitan dengan prosedur pelayanan

1. Alur pelayanan
Hal ini menyangkut bagaimana pelayan menyambut tamu, taking order,
Menyampaikan pesanan ke dapur, menyajikan makanan, clear up dll.

2. Kecepatan
Tamu datang ke restaurant itu basanya hanya ada dua tujuan yaitu makan enak, cepat dan nyaman.

3. Antisipasi
Sikap ini diperlukan untuk meminimalisir complain yang berkaitan dengan pelayanan. Contohnya pelayan harus punya strategi bagaimana caranya biar tamu tidak menunggu lama di saat lagi ramai

4. Akomodasi
Pelayan di tuntut untuk mengetahui keinginan tamu yang dating, bukankah tamu itu adalah raja?

5. Komunikasi
Pelayan di tuntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik

6. Umpan balik
7. Supervisi

Conviviality dimension

Sesuatu yang ada di dalam diri pelayan untuk melayani tamu
1. Sikap
2. Suara
3. Bijaksana
4. Bahasa tubuh
5. Tehnik menjual
6. Menangani complain
7. Menyebut nama tamu
8. Perhatian
9. Sikap untuk membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar